Translate

Friday, November 16, 2012

cara test alkalinitas air kolam renang

mari bersama merawat kolam renang kita agar tetap terjaga kesehatan dan keindahanya. Kali ini kita akan kembali sedikit membahas tentang kandungan alkalinity / alkalinitas dan bagaimana melakukan test kandungan alkalinity. Kolam renang secara berkala dan teratur harus selalu diuji kandungan alkalinitasnya karena unsur ini merupakan sebagai buffer penyeimbang kemampuan air kolam renang melawan perubahan PH.

cara test alkalinitas air kolam renang
test kit alkalinitas


Kandungan alkalinitas yang tidak seimbang sangat mengancam kondisi air kolam renang dan dapat menyebabkan korosi atau scaling. Untuk melakukan test akalinitas total gunakan test kit alkali yang sudah berisi lengkap dengan semua peralatan yang diperlukan dalam melakukan pengujian test alkalinitas total. Ikuti langkah demi langkah sebagai berikut ini:

Ambil contoh air kolam, ambil pada bagian yang terdalam kolam masukan pada tabung test kit yang tersedia kemudian berikan kimia R-0007 sebanyak dua tetes. kimia R-0007 ini merupakan larutan kimia untuk menghilangkan kandungan chlorine / kaporit yang bisa membuat pembacaan tidak tepat.

Selanjutnya masukan kimia R-0008 sebagai uji alkalinitas pada contoh air kolam tadi lalu aduk. Kemudian yang terakhir masukan kimia R-0009 yang merupakan reagen test asam, penambahan dilakukan dengan menghitung jumlah tetes yang dimasukan sampai contoh air kolam dari hijau / biru berubah menjadi merah.

Jangan sampai keliru menghitung jumlah tetes, kalikan jumlah tetes yang dimasukan dengan 10 untuk mengetahui tingkat kandungan alkalinitas, diukur dalam satuan ppm. Contohnya jika anda menambahkan 12 tetes berarti tingkat kandungan alkalinitasnya 120 ppm. Untuk kisaran kandungan alkalinitas total kolam renang yang ideal adalah 80 sampai 120 ppm.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes