Thursday, November 15, 2012

cara test PH dan chlorine air kolam renang

Dalam perawatan kolam renang merupakan salah satu tahapan rutinitas yang selalu di ketahui kondisi keadaan air kolam tersebut, karena bila anda lengah sedikit saja kondisi air kolam menjadi keruh, berwarna putih lalu berwarna hijau atau ungu dan akan terlihat sangat kotor, kalu kolam renang kurang menarik akan menurunkan penghasilan anda terutama untuk kolam renang umum.

cara test PH dan chlorine air kolam renang
kimia tester

cara test PH dan chlorine air kolam renang
test kit


Menurut saya adalah anda harus mengetahui kondisi air kolam anda tentang kandungan PH (kelembapan) dan chlorine (kaporit), karena dua unsur ini mempunyai faktor 60% dalam menjaga kondisi kebersihan air kolam. Mari kita belajar bersama tengtang bagaimana cara test PH dan chlorine air kolam renang dengan baik dan benar. Test air kolam ini sebaiknya dilakukan dua hari sekali pada musim penghujan dan seminggu sekali pada musim kemarau.

Alat yang digunakan paling sederhana yang digunakan adalah test kit dua tabung, satu tabung warna merah untuk test kelembapan air (PH) dan tabung satunya warna kuning untuk test kandungan chlorine atau kaporit. langkah-langkah cara test ph dan chlorine adalah sebagai berikut ambilah air kolam renang terdalam dengan mencelupkan test kit, lalu kurangi air sampai batas pada leher test kit, kemudian masukan obat test ph (warna merah) sebanyak lima tetes lalu tutup test kit kemudian kocok sampai ada perubahan warna.

Setelah warna berubah cocokan dengan sekala yang berada di samping, normal batas ideal kelembapan air (ph) kolam renang adalah antara 7,2 sampai 7,6 apabila terlalu tinggi dari angka tersebut segera menambahkan HCL sesuai ukuran kolam renang anda. Apabila menunjukan sekala yang terlalu rendah segera menambahkan soda ash secukupnya. Setelahpenambahan HCL maupun Soda ash kembali test kondisinya ke esokan hari.

Untuk cara test kandungan chlorine (kaporit) hampir sama dengan cara test ph, yaitu ambil air di kolam pada bagian terdalam kemudian kurangi sampai batas leher test kit dan masukan kimia tester chlorine sebanyak lima tetes. Tutup test kit lalu kocok, lihat perubahan warna yang terjadi. normal kandungan kaporit pada sekala 1.0 smapai 1.5 apabila melebihi jangan menmbahkan kaporit pada kolam anda, namun apabila kurang dari angka tersebut segera tambahkan kaporit sesuai luas kolam anda. Lakukan penambahan kaporit pada sore hari, karena sifat kaporit yang mudah menguap dengan sinar matahari.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes