Tuesday, November 6, 2012

pools balancing tank design

pools balancing tank design, Sesuai dengan namanya "balancing tank" yaitu suatu penampungan air yang berada sejajar dengan kolam yang berfungsi sebagai penyeimbang air kolam. Balancing tank digunakan pada kolam renang yang menggunakan sistem "overflow". Air yang ter tumpah dari kolam renang karena air hujan atau adanya aktifitas berenang masuk ke dalam balancing tank. Apabila air kolam terjadi penguapan dan volumenya berkurang maka menggunakan air dalam balancing tank di masukan ke dalam kolam kembali. Semaksimal mungkin air kolam tidak akan terbuang kecuali memang balancing tank sudah penuh.

pools balancing tank design
balancing tank

pools balancing tank design
balancing tank

pools balancing tank design
balancing tank


Balancing tank tidak digunakan pada sistem sirkulasi skimmer karena sistem ini pompa kolam menghisap air kolam masuk filter dan kembali lagi ke dalam kolam renang. Penambahan air kolam karena hujan akan langsung terbuang melalui saluran pembuangan. Kemungkinan pengurangan volume air kolam bisa dikarenakan penguapan atau terbuangya air ke saluran pembuangan karena aktifitas berenang. Sistem ini sering digunakan untuk proses sirkulasi jacuzzi atau whirlpool pada kolam renang rumahan. Kelemahan sistem ini adalah seringnya penambahan air kolam karena penggunaan yang airnya selalu terbuang.

 Pada sistem overflow adalah meluapkan air kolam, air di dalam balancing tank dihisap pompa kolam renang masuk ke dalam filter pasir dan di keluarkan ke dalam kolam renang lagi melalui floor inlet. Karena air kolam renang yang sudah penuh dan terus terisi dari balancing tank akhirnya meluap ke gutter atau saluran yang dibuat untuk menampung luapan air kolam renang. Dari gutter melalui drain gutter air masuk kembali ke dalam balancing tank, begitu terus proses seterusnya. Sistem ini digunakan pada waktu ada aktifitas berenang atau membersihkan permukaan air kolam dari kotoran yang mengambang di air.

Pada dasarnya kolam renang umum atau kolam renang pribadi menggunakan sistem ini karena mempunyai banyak keuntungan. Air tidak banyak terbuang karena air hujan atau penambahan pengguna kolam karena langsung di tampung dalam balancing tank. Apabila terjadi pengurangan terhadap volume air kolam bisa ditambahkan dari balancing tank melalui sistem overflow.

1 comments:

rian kurniawan said...

most swimming pool

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes