Tuesday, April 30, 2013

Tahapan Pembuatan Kolam Renang Murah

Sudah menjadi impian sebuah rumah tinggal yang dilengkapi dengan fasilitas kebugaran dan kolam renang. Yang paling banyak dipilih dan disukai adalah dengan membangun sebuah kolam renang yang sederhana namun mempunyai banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan. Sebelum memutuskan untuk membangun sebuah kolam renang yang sederhana dan minimalis untuk rumah anda memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai bahan pertimbangan.

Tahapan Pembuatan Kolam Renang Murah


Pada umumnya membangun sebuah kolam renang membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan dengan biaya perawatan yang relatif tinggi. Akan tetapi dengan adanya kolam renang pribadi dirumah anda dapat menunjukan tingkat sosial yang cukup tinggi dan yang paling penting dengan mempunyai kolam renang dapat menjaga kesehatan dengan mengoptimalkan manfaat berenang.


Dalam pembuatan kolam renang pada umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama pada waktu pengerjaan finishing karena lebih rumit dan mendetail. Salah satu contoh pada saat pemasangan keramik, pada umumnya menggunakan tipe keramik tipe mozaik atau standart. Untuk keramik tipe standart adalah keramik yang sama persis yang digunakan pada umumnya yang banyak digunakan di lantai rumah.

Sedangkan keramik tipe mozaik adalah keramik berwarna atau polos yang mempunyai ukuran lebih kecil oleh karena itu dalam pemasangannya sangat membutuhkan ketelitian dalam pemasanganya untuk mendapatkan hasil yang bagus namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pilihan warna keramik yang sering digunakan adalah keramik warna putih dan biru muda. Keramik warna putih akan memberikan efek pantulan yang asli dari kejernihan air kolam renang sehingga menarik orang untuk berenang. Sedangkan warna biru muda memberikan kesan air yang sejuk dan warna lebih bagus bila terkena sinar matahari.

Perhitungan biaya pembuatan kolam renang pada umumnya dihitung dari ukuran meter persegi, sedangkan harga yang ditawarkan akan menyesuaikan dengan kondisi dan situasi lokasi yang akan dibangun kolam renang dengan sistemskimmer dan system overflow. Dan banyak sekali pilihan kontraktor kolam renang yang ada di jakarta, yogyakarta maupun surabaya. Pada umumnya waktu pengerjaan kolam renang minimalis rumah tinggal membutuhkan waktu selama 60 hari atau 2 bulan pengerjaan.


Kekuatan konstruksi kolam renang berada pada sistem pondasi, ketebalan dinding beton kolam renang dan dasar kolam renang yang di disain sedemikian rupa dengan sistem konstruksi besi sebagai otot dari cor beton nantinya. Sistem konstruksi besi kolam renang sangat tergantung dengan lokasi dan tanah disekitar kolam renang dibangun. Untuk lahan yang lunak atau tanah yang sering bergeser maka harus ditambahkan kekuatan pada setiap pondasi dengan ditambahkan sebuah pancang atau bangunan lainnya. Beban yang di alami kolam renang bukan hanya dari kolam renang itu sendiri akan tetapi dari tekan air kolam renang yang harus tetap diperhitungkan.

Jika disamping atau belakang rumah anda ada lahan/runag terbuka sekitar 6x3 meter sudah dapat dipastikan dapat digunakan untuk membangun sebuah kolam renang minimalis. Jika hanya mempunyai ruang terbuka kurang dari 6x3 meter persegi anda dapat mengaplikasikan dengan tembok atau ruangan lainya yang kurang efektif dipandang atau digunakan sebagai lahan untuk membangun sebuah kolam renang tempat tinggal.

Berikut merupakan estimasi biaya pembuatan kolam renang murah yang tidak sampai dengan 10 juta rupiah apabila dibandingkan dengan biaya rekreasi dan biaya kesehatan yang semakin mahal.

  • Konstruksi kolam renang dengan beton cor sederhana sudah termasuk upah tukang sekitar Rp 3.000.000,- dan ditambah keramik sekitar Rp 1.000.000,- 
  • Peralatan untuk penyaringan/sirkulasi air kolam renang sekitar Rp 500.000
  • Mesin penyedot yang pada umumnya digunakan untuk aquarium besar sebanyak 2 biji yang digunakan untuk menarik air dari bak penampungan limpahan ke wadah penyaringan seharga Rp 300.000 dan untuk menyedot endapan/kotoran dari dasar kolam seharga Rp 200.000
  • Paralon untuk sitem pemipaan kolam renang, selang-selang dan serokan sekitar Rp 200.000
  • Bahan kimia kolam yang diperlukan terdiri dari kaporit, soda ash dan terusi sekitar Rp 200.000
  • System instalasi listrik yang dibutuhkan meliputi stop kontak ke mesin-mesin pompa dan lampu-lampu penerangan sekitar kolam renang sekitar Rp 200.000
Estimasi biaya diatas adalah biaya yang sangat minimalis dengan mendapatkan olahraga murah namun sangat menyehatkan. Setelah selesai dalam pengerjaan pembuatan kolam renang, buat bak penampungan air limpahan kolam renang dengan ukuran sekitar 0.25 kubik atau 100 liter. Selanjutnya membuat saluran air limpahan sekitar 20 cm dari teras kolam renang yang dihubungkan ke bak limpahan air. Lalu menempatkan pompa yang besar untuk menyedot dari bak limpahan ke bak penyaringan yang berada di samping kolam.

Bak penyaringan ada dua, dan masing masing memiliki isi dan fungsi sendiri-sendiri, yang satu berisi ijuk tempat air bersih dan satu lagi berisi pecahan batu gamping, apabila ingin hemat bisa menggunakan satu penyaringan saja dengan batu gamping dan ijuk menjadi satu wadah yang merupakan satu paket wadah penyaringan. Air yang sudah bersih dimasukan kembali ke kolam renang melalui paralon yang sudah ditanam di bawah teras kolam. Dengan arah yang berlawanan ini bertujuan untuk air yang sudah bersih mendorong ke arah limpahan dan masuk ke bak limpahan kemudian disaring kembali, begitu seterusnya.

Cara perawatan kolam renang yang sudah jadi ini dengan treatment awal terhadap air kolam renang. Lakukan pengisian kolam renang sampai penuh hingga batas lubang saluran limpahan air proses ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama apabila tidak mempunyai stok air yang berlimpah, atau dengan membeli air dari pemasok air isi ulang sebanyak 3 tangki dengan harga sekitar 500 ribu. Setelah air kolam siap selanjutnya taburkan kaporit sekitar 1 kg yang harganya sekitar 40 ribu, yang ke esokan harinya akan menimbulkan efek dari kaporit pada air kolam akan tampak kuning kehijauan, ini merupakan normal karena lumut dan alga yang ada dalam air hangus dan mati karena efek kaporit namun masih terlaryt dalam air.

Kimia selanjutnya adalah soda api sebanyak 0,5 kg dan tawas 4 kg, yang fungsinya soda api untuk membersihkan kotoran pada dinding kolam dan tawas untuk mengikat kotoran yang kemudian mengendapkanya pada dasar kolam renang. Soda api yang berupa bubuk cukup hanya ditaburkan ke dalam kolam, sedangkan tawas yang bentuknya berupa kristal putih dilarutkan dahulu dengan air atau di giling halus terlebih dahulu. Harga tawas pada umumnya sekitar 15 ribu/kg. Setelah proses ini air kolam akan tampak jernih dan dinding kolam tampak bersih namun masih ada endapan yang ada di dasar kolam renang.

Endapat yang terjadi sangat halus sehingga mudah untuk disedot/vacuum, pada waktu penyedotan endapan/vacuum sebaiknya air langsung dibuang di selokan. Jika air kolam tampak bersih dengan beberapa waktu penyedotan endapan air kolam akan tampak biru yang sesungguhnya air kolam sudah dapat digunakan. Apabila anda menginginkan warna kolam renang yang tampak biru dan mengkilat sebaiknya ditambahkan terusi sekitar 1 ons, harga terusi per kilonya sekitar 50rb. Untuk menjaga kejernihan air lakukan sirkulasi air/penyaringan sekitar 8 jam/hari.

Proses sirkulasi pada kolam renang ini adalah mengalirkan dengan cara memompa air dalam bak limpahan ke penyaringan kemudian dikembalikan lagi ke dalam kolam renang. Apa bila air kolam berkurang setelah digunakan untuk berenang sebaiknya di lakukan penambahan dengan air ledeng atau air sumur. Usahakan keseimbangan permukaan air dalam kolam dan bak supaya air mengalir seimbang tidak kehabisan pada bak limpahan. untuk menjaga kestabilan kondisi kolam masukan sekitar 1 ons kaporit ke dalam kolam setian 3 hari sekali. Selalu lakukan sirkulasi setiap harinya sekitar 8 jam untuk menjaga kebersihan air kolam renang.


1 comments:

Darwis Yudibrata said...

Nice info.
Thanks....

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes