Translate

Thursday, May 23, 2013

Manfaat Renang Gaya Dada

Di dalam ilmu teori berenang, sebagai perenang pemula pada tahap belajar banyak menggunakan gaya dada atau gaya bebas. Menurut Federasi Renang Internasional renang menggunakan gaya dada adalah gerakan renang yang paling lamban dibandingkan dari ketiga nomor renang resmi yang diperlombakan.

Manfaat Renang Gaya Dada
gambar berenang gaya dada


Renang menggunakan gaya dada adalah gaya renang yang sering digunakan dalam renang sebagai aktifitas kebugaran. Dengan keadaan posisi tubuh yang stabil danposisi kepala dapat berada diluar air dalam tempo waktu yang cukup lama.

Gaya dada atau sering disebut dengan gaya katak adalah berenang dengan teori posisi dada menghadap ke permukaan air, tetapi tidak sama dengan gaya bebas, karena posisi tubuh dalam keadaan tetap.

Posisi teori kedua belah kaki dengan menendang ke arah luar namun kedua belah tangan diluruskan di depan. Kemudian kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar ban dapat melaju lebih cepat ke arah depan.

Sedangkan gerakan batang tubuh menirukan gerakan katak yang sedang berenang sehingga gaya ini disebut juga dengan gaya katak. Untuk teori pernafasan dilakukan pada saat mulut berada di permukaan air, setelah satu periode gerakan tangan dan kaki atau dua periode gerakan tangan dan kaki.

Manfaat Renang Gaya Dada
Pada dasarnya olah raga berenang mempunyai manfaat yang sama, namun gaya dada atau gaya dada dapat difungsikan sebagai fitnes pembentukan otot-otot pinggul dan dada.

Gaya dada merupakan gerakan olahraga berenang yang mampu melatih semua otot pada bahu sehingga membentuk dan melenturkan semua otot yang ada di bahu menjadi lebih lebar dan tegap, karena gerakan ini dituntuk otot bahu untuk menggerakan tubuh dalam air dan melawan massa air yang berat.

Berenang juga dapat melatih pernafasan sehingga lebih menyehatkan jantung dan paru-paru, dengan gerakan yang berada di dalam air dapat memacu dan melatih semua otot terutama pembuluh darah yang menuju jantung dan paru-paru sehingga membuat pernafasan yang semakin sehat.

Kalau hanya sebagai aktifitas olahraga saja, gaya dada dan gaya kupu-kupu dalam berenang sangat dianjurkan, yang keduanya mempunyai teori yang sangat bagus menyehatkan badan dan fitnes melatih otot pinggul, bahu dan perut.

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Followers

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes